Tulisan saya kali ini, akan membahas mengenai pengenalan
web. Yaitu seputar defenisi, sejarah, arsitektur web, dan masih banyak lagi. Tulisan
ini saya ambil dari berbagai referensi untuk lebih meningkatkan pemahan dan
keakuratan. Semoga bermanfaat ^^
Saat ini teknologi telah membuat revolusi dunia komputer
dan dunia komunikasi yang jauh berkembang dari masa ke masa. Penemuan internet terbukti lebih terintegrasi dan
lebih berkemampuan dari pada alat-alat komunikasi lainnya,
karena Internet
menjangkau
seluruh dunia. Memudahkan manusia dalam menyelesaikan aktivitasnya, dan dapat
menghilangkan adanya batasan waktu dan tempat bagi manusia untuk saling
berkomunikasi dan berkreasi. Dalam dunia internet, kita sering mendengar kata “web”.
Dengan adanya web kita diberi kemudahan dalam mengakses segala hal
yang ingin kita ketahui tanpa harus bersusah payah untuk menemukannya. Benarkah
begitu? Untuk lebih yakin mari kita berkenalan dulu yuk.
1. Definisi web science
Website
atau situs diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks,
data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari
semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu
rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan
jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Web diciptakan agar kita lebih mudah
mendapatkan atau bertukar informasi secara cepat dengan jaringan
internet.
Berbicara tentang web, kita juga
mengenal web science. Web Science terdiri dari 2 suku kata yaitu Web yang artinya jaringan dan Science yang
artinya ilmu pengetahuan. Jadi bisa
disimpulkan bahwa Web Science
merupakan website yang berisi tentang artikel-artikel berbagai informasi yang
berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Web science juga berarti cara-cara atau
metode-metode yang digunakan dalam membuat website yang baik. Informasi disini
dapat berupa tulisan, gambar, ataupun video.
2. Sejarah Web
Sejarah Web bermula di European
Laboratory for Particle Physics (nama lainnya adalah CERN), yaitu di kota
Geneva antara perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi
yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Pada bulan Maret 1989, Tim Berners dan
peneliti-peneliti CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi
di Internet yang memungkinkan para anggotanya saling membagi informasi dan
menampilkan informasi dalam bentuk grafik ataupun gambar. Web Browser pertama
dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat
sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Caranya cukup mudah pengguna atau
user mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web. Namun waktu
itu hanya bisa pada Sistem Operasi UNIX, dan Windows belum bisa
menggunakannya.
Lalu munculnya browser Mosaic dari NCSA
(National Center for Supercomputing Applications). Pada bulan Mei 1993, Marc
Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem
X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam
beberapa bulan, Mosaic menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai
baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic untuk komputer
berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.
Pada tahun 1994, Marc Andreesen keluar
dari NCSA, kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon
Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan
kepopuleran Mosaic sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape
merupakan browser yang banyak digunakan setelah Internet Explorer dari Microsoft.
Kemudian pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang
dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar
bagi teknologi Web. Browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50
website. Di akhir tahun 1995 jumlah ini telah berkembang mencapai sekitar
300.000 web site. Dan diperkirakan sekarang ini jumlah pemakai Web telah
mencapat sekitar puluhan juta pemakai diseluruh dunia.
Web merupakan sebuah database jaringan
komputer diseluruh dunia yang menggunakan sebuah arsitektur pengambilan
informasi yang umum. Secara konsep web merupakan sebuah client atau server
manajemen database. Web berkembang dari ide dan konsep yang dicetuskan oleh Tim
Berners-Lee, seorang peneliti pada CERN Particle Physics Lab di Jenewa,
Swiss.
3. Web 1.0, 2.0, 3.0
Ledakan informasi
mengakibatkan perubahan yang cukup signifikan pada perkembangan web, dimulai
dari web 1.0 hingga web 3.0. Berikut penjelasan singkatnya :
- Web 1.0
Pada tingkat ini web masih bersifat “read only”. Web 1.0 merupakan teknologi awal dari website, dimana pembuat sebagai
pemberi informasi dan pengguna hanya sebagai pembaca (seperti membaca koran
lewat computer, aktifitasnya hanya searching saja). Bahasa yang digunakan pada
web ini masih berupa HTML saja.
- ·Web 2.0
Web 2.0 muncul
sekitar tahun 2003 atau 2004, dimana para pengguna website-pun dapat
berkomunikasi 2 arah dan memiliki berbagai kelebihan lainnya.
Kelebihan dari
web ini adalah sebagai berikut :
- The Web as Platform (Pengerjaan suatu aplikasi/tulisan dapat langsung dikerjakan di media internet tanpa harus mengerjakannya terlebih dahulu di windows desktop)
- Harnessing Collective Intelligence (Web 2.0 memiliki kinerja untuk memanfaatkan tulisan orang lain untuk mengisi konten web secara kolektif (tidak hanya webmaster yang mengisi konten sendiri), contohnya seperti youtube)
- Data is the Next Intel Inside (merupakan suatu garansi kepercayaan dari para pemberi data kepada pemilik website bahwa pada era web 2.0 data sangatlah penting dan harus di update setiap waktu)
- End of the Software Release Cycle (pada web 2.0 aplikasi software dapat langsung digunakan lewat internet/internet menjadi platform menjalankan program)
- Lightweight Programming Models (pembuatan web 2.0 menggunakan bahasa yang ringan dan mendukung pengembagan program)
- Web 3.0
- Semantic Web (web dengan kemampuan membaca situs semudah manusia membacanya sehingga informasi dapat disajikan dengan cepat dan tepat)
- The 3D Web (web dengan kemampuan visual 3D dan interaksi secara realtime)
- The Media-Centric Web (Photo, audio, dan video akan menjadi cara lain untuk mencari informasi yang kita inginkan selain keyword)
- The Pervasive Web (Web yang mudah diakses dengan berbagai cara dan alat berbeda kapan saja dan dimana saja)
4. Arsitektur Web dan Aplikasinya
Arsitekur menurut bahasa adalah
cara atau ilmu untuk membuat dan mendesain suatu karya agar karya tersebut bisa
menjadi lebih bagus dan mempunyai suatu nilai estetika.
Jadi arsitektur
website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan
perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria
estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah
pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus
pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan
desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki
apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web.
Aplikasi Web antara lain :
- Model-View-Controller atau MVC
Adalah sebua metode untuk
membuat sebua aplikasi web dengan memisahka data (Model) dari tampilan (View)
dan cara bagaimana memprosesnya (Controller). Dalam implementasinya kebanyakan
framework dalam aplikasi website adalah berbasis arsitektuR MVC. MVC memisahkan
pengembangan aplikasi berdasarkan komponen utama yang membangun sebuah aplikasi
seperti manipulasi data, antarmuka pengguna, dan bagian yang menjadi kontrol
dalam sebuah aplikasi web.
- Struts
Merupakan salah satu java
MVC web framework terpopuler yang menginspirasi banyak framework lain. Struts 2
merupakan penggabungan dari Struts dengan Webwork 2 sehingga menghasilkan
framework yang lebih mudah digunakan dan lebih mencapai tujuan dari Struts
dibuat. Struts merupakan aplikasi framework open source yang di designuntuk
membantu para developer dalam membangun arsitekturaplikasi berbasis pada
Model-View-Controller (MVC) , dimana design MVC sudah merupakan standard umum
dalam membangunaplikasi Web anda dengan penggunaaan servlet Java dan JavaServer
Pages (JSP) sebagai teknologinya.
5. Institusi Pengelola Web
Organisasi-organisasi tersebut antara lain (khususnya yang
masih aktif hingga saat ini) :
1. World Wide Web Consortium (W3C)
Awalnya dibentuk dari Laboratorium Ilmu Komputer MIT oleh Tim
Berners-Lee dan Al-Vezza. W3C saat ini bertangggungjawab
terhadap perkembangan dari berbagai protokol dan standar yang terkait dengan
Web. Seperti misalnya standarisasi HTML, XML, XHTML dan CSS diatur oleh W3C.
Saat ini W3C masih dipimpin oleh Berners-Lee. Website W3C dapat diakses pada URL: http://www.w3c.org
2. Internet Engineering Task Force (IETF)
Merupakan badan yang bertanggungjawab terhadap masalah
teknis dari perkembangan teknologi internet. IETF bertugas mengkaji berbagai
teknologi terkait untuk kemudian distandarkan menjadi sebuah request
for comment (RFC). IETF fokus pada evolusi dari internet dan menjamin
proses tersebut berjalan dengan smooth.
3. Internet Architecture Board (IAB)
IAB bertanggung jawab dalam mendefiniskan backbone internet
4. Internet Society (ISOC)
Dibentuk dari berbagai organisasi, pemerintahan,
non-profit, komunitas, akademisi maupun para professional. Kelompok ini
bertanggungjawab dalam membuat kebijakan tentang internet, dan memantau lembaga
lain seperti IETF.
5. The Internet Assigned Authority (IANA) & Internet
Network Information Center (InterNIC)
Kelompok ini bertanggung jawab terhadap alokasi alamat
IP dan nama domain.
6. Aspek Hukum & Etika pada Internet
Etika pada Internet
Setiap aktivitas yang manusia lakukan, selalu di batasi
oleh hak dan kewajiban, nah itulah yang disebut dengan etika. Manusia diberikan
hak untuk berkreasi tanpa batas, tapi harus mengingat tentang etikanya, jika
kita berada di luar dari are itu maka hukumlah yang akan bertindak.
Dibawah ini adalah etika-etika dalam menggunakan internet
yaitu sebagai berikut:
1. Jangan menyindir, menghina, melecehkan, atau menyerang
pribadi seseorang/pihak lain.
2. Jangan mengekspose hal-hal yang bersifat pribadi,
keluarga, dan sejenisnya yang bisa membuka peluang orang tidak bertanggung
jawab memanfaatkan hal itu.
3. Jangan turut menyebarkan suatu berita/informasi yang
sekiranya tidak logis dan belum pasti kebenarannya, karena bisa jadi
berita/informasi itu adalah berita bohong (hoax).
4. Selalu memperhatikan Hak Atas Kekayaan Intelektual
(HAKI). Artinya jangan terlibat dalam aktivitas pencurian/penyebaran data dan
informasi yang memiliki hak cipta.
5. Jika mengutip suatu tulisan, gambar, atau apapun yang
bisa/diijinkan untuk dipublikasikan ulang, selalu tuliskan sumber
aslinya.
Aspek Hukum pada Internet
Aturan atau code of conduct dalam pemanfaatan internet di
dalam perkembangannya diperkuat dengan adanya UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Traksaksi Elektronik,
yang disahkan dan mulai berlaku pada tanggal 21 April 2008. Pasal 2 UU tersebut
menyatakan, bahwa “Undang-Undang ini berlaku untuk setiap orang yang melakukan
perbuatan hukum sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini, baik yang berada di
wilayah hukum Indonesia maupun di luar wilayah hukum Indonesia, yang memiliki
akibat hukum di wilayah hukum Indonesia dan/atau di luar wilayah hukum
Indonesia dan merugikan kepentingan Indonesia”.
Khusus terhadap hal-hal yang terkait dengan larangan
untuk dilakukan dan berpeluang menimbulkan rasa tidak suka oleh pihak lain
disebutkan di antaranya pada Pasal 27 ayat (4) yang menyebutkan, bahwa :
“Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak
mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya
Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan pemerasan
dan/atau pengancaman”
Dan Pasal 28 ayat (2) yang menyebutkan, bahwa “setiap
orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk
menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok
masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar golongan
(SARA)”.
Untuk itu, kita harus lebih berhati - hati dalam
memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang ada pada saat ini agar
tidak terjadi kesalahpahaman antar pengguna internet. Karena dengan adanya
hukum dan etika berarti tingkat penyalahgunaan dalam berinteraksi dengan internet
bisa diminimalisasikan.
I guess just it. Jadi manfaatkanlah internet dengan
cerdas ya. Karena semakin hari ada saja perkembangan dan pembaruan dalam dunia
teknologi yang menantang kita untuk lebih pintar memilah-milah yang mana yang
baik dan yang buruk :)
0 komentar:
Posting Komentar