Senin, 22 Oktober 2012

MENGENAL NEW MEDIA


Di zaman modern ini teknologi canggih bukanlah barang langka lagi. Perkembangannya sudah tidak terkendali lagi, semua orang berlomba-lomba untuk terus memperbaharuinya agar bisa lebih memudahkan dan membantu dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi hampir tidak bisa dipisahkan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, menjangkau semua aspek dalam kehidupan, tua-muda, guru-murid, pengusaha, sampai tukang ojek, tidak lepas dari peran pentingnya. Teknologi disetiap waktunya selalu mengalami pembaharuan-pembaharuan. Nah, pembahasan kali ini membahas mengenai media-media baru tersebut, atau disebut juga dengan new media.
Nah, apa itu new media?



A.    DEFINISI NEW MEDIA

Media merupakan segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi (narasumber) kepada penerima informasi, jadi media bisa disebut sebagai perantaranya.  Jadi New Media atau Media Baru bisa diartikan dengan sesuatu yang menjadi perantara untuk seseorang mendapatkan informasi dari sumbernya tetapi perantara ini masih dibilang baru.
New media merupakan suatu perkembangan atau revolusi dari sebuah media-media yang telah berkembang dari jaman dahulu. Sebagai contoh adalah zaman dahulu untuk mengabadikan sesuatu perlu untuk mengukir di batu atau dengan melukisnya. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin berkembang maka untuk mengabadikan sesuatu cukup dengan mengambil gambar atau memfoto.
Menurut sumber wikipedia, media baru (new media) merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan. Contoh dari media yang sangat merepresentasikan media baru adalah Internet. Program televisi, film, majalah, buku, suratkabar, dan jenis media cetak lain tidak termasuk media baru.
Jadi new media ini bisa diartikan teknologi yang dapat diakses dimanapun dengan peralatan digital. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “new media” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik yang dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, dapat dimampatkan (compress), interaktif dan tidak memihak. New Media, mendefinisikan Media Baru sebagai produk teknologi komunikasi dimedia masa mendatang bersama-sama dengan komputer digital.

B.    PANDANGAN TERHADAP NEW MEDIA

Kemajuan teknologi diabad ini sangat pesat sekali, semua orang berlomba-lomba dalam menciptakan teknologi yang baru, yang lebih inovatif dan efesien dalam memudahkan kehidupan. Kemajuan teknologi menyebabkan informasi tidak lagi menjadi barang langka untuk didapat. Nah disinilah peran new media, perkembangan dan pembaruannya menciptakan banyak kemudahan dalam memperoleh informasi. Contohnya saja internet, melalui mesin pencari seperti Yahoo,Lycos,Ask Jeeves,Alta Vista dan Google, jutaan orang dari seluruh dunia dapat secara cepat dan mudah mengakses informasi secara online.
Sudah banyak keuntungan-keuntungan yang bisa dimanfaatkan dengan adanya media tersebut. Contohnya dalam bidang pendidikan, pemerintahan, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Media tersebut juga bersifat mobile, yang artinya bisa dibawa kemana saja dan diakses dimana dan kapan saja. New media juga tidak bisa dipisahkan dengan dunia digital. Karena sebagian besar new media di dominasi oleh produk berteknologi digital.
Kemunculan new media sangat membawa keuntungan untuk semua pengguna teknologi di dunia. Mulai dari anak sekolah dasar sampai pegawai-pegawai di perusahaan tertentu yang memanfaatkan new media. Kemunculan new media ini disebabkan karena adanya keinginan dari orang-orang  yang membutuhkan berbagai fasilitas yang dapat mempermudah pekerjaan mereka. Fasilitas tersebut dibuat sesuai dengan perkembangan teknologi saat itu. Perkembangan zaman telah ikut mempengaruhi gaya hidup dan pola pikir setiap manusia, maka dari itu kita sebagai manusia harus lebih pintar untuk menggunakan media-media yang ada, jangan sampai kemajuan itu malah menjerumuskan kearah yang tidak baik.

C.     MANFAAT NEW MEDIA
New media memberikan kemudahan bagi pengguna teknologi. Kemudahan-kemudahannya antara lain
  • Memberikan informasi dengan cepat, sehingga menghemat waktu bagi para pencari informasi 
  • Mempermudah komunikasi jarak jauh bagi pengguna social network, dengan new media setiap orang lebih mudah untuk bersosialisasi tanpa adanya batasan ruang dan waktu. 
  • Sebagai media hiburan, media yang sangat menguntungkan bagi para gamers. Ada juga media tv streaming yang pastinya juga menjadi pilihan entertain bagi banyak orang. 
  •  Inovasi baru dalam dunia pendidikan, contohnya dengan adanya ebook. Kita tidak harus membeli buku dalam bentuk nyata, tapi kita sekarang sudah diberi kemudahan adanya buku yang bisa dinikmati secara online. Sarana virtual class juga merupakan pembaharuan system belajar di dunia pendidikan, peserta didik bisa belajar secara online tanpa harus bertatap muka dengan pengajar. 
  • Dalam bidang perdagangan ini memudahkan bagi siapa pun yang ingin menawarkan/mempromosikan produk tertentu sehingga tidak susah susah untuk membuka toko dan promosi langsung didepan konsumen, melalui new media pedagang dapat mempromosikan produk nya melalui membuka online shop, bisa melalui facebook, twitter atau kaskus. 
  • Dan masih banyak manfaat lainnya yang dapat diperoleh dari new media dari segala aspek kehidupan.

D.    KOMPONEN NEW MEDIA
New media memiliki beberapa komponen, diantaranya adalah:

1.   Produsen, yaitu orang yang membuat atau menciptakan new media. Produsen disini membuat New Media berdasarkan kebutuhan yang sedang berkembang dalam masyarakat saat ini.
2.  Distributor, yaitu orang yang menyebarluaskan berbagai informasi yang masuk ke dalam new media itu sendiri dari produsen kepada konsumen.
3.   Konsumen, yaitu orang yang menggunakan atau memanfaatkan new media tersebut. Konsumen inilah yang akan menilai apakah New Media tersebut akan cocok dengan kebutuhan saat ini atau tidak.


E.    APLIKASI NEW MEDIA
Sebelumnya, saya akan memberikan contoh-contoh new media yang telah berkembang di zaman ini, diantaranya :
§  Internet,
§  Televisi Digital/Plasma TV,
§  Digital Cinema/3D Cinema,
§  Super Komputer/Laptop,
§  DVD/CD/Blue Ray,
§  MP3 Player,
§  Ponsel/PDA Phone,
§  Video Game,
§  RSS Feed,
§  Streaming Video, dan lain-lain.

Berikut adalah contoh aplikasi didalam internet yang mengembangkan new media, yaitu:
  • Google, altavista, yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita. 
  •  CNN, BBC, detik, okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah. New Media sebagai pengganti media surat kabar dalam penyampaian informasi secara cepat, bahkan new media tidak hanya sebagai sarana memberi informasi yang statis tapi new media juga menyuguhkan sarana untuk mencari informasi yang kita inginkan. 
  • Youtube, seleb.tv, metacave dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual. 
  • Twitter, facebook, friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepada publik. Media social ini mempermudah komunikasi dimanapun, kapanpun dan kepada siapapun tanpa ada batasan apapun. 
  • BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book), dsb. Media ini sangat berguna bagi para pelajar untuk bisa mendapatkan sumber bahan pelajaran yang banyak dan tidak membutuhkan banyak biaya.
Seiring perkembangan zaman, new media memang akan selalu membawa kemudahan dan manfaat bagi para penggunanya. Tapi tetaplah ingat di setiap dampak postif, pasti ada dampak negatif. Kita sebagai manusia harus bisa lebih pintar memanfaatkan teknologi agar terhindar dari ketergantungan akan berbagai macam kemudahan dari media teknologi tersebut. 

Sekian ulasan tentang new media. Semoga tulisan ini bermanfaat ^^

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dear Dream Template by Ipietoon Cute Blog Design